Friday 10 January 2014

Study with Nature

        “Everything is knowladge. Knowladge is free. Free is not a crime.”
        “Alam terbentang  jadikan guru...”
  
        Banyak orang bicara kalau ilmu bukan hanya dikelas, tapi di segala tempat. Kalau menurut gua, belajar memang bisa dilakukan di semua tempat, tapi hanya satu hal pelajaran yang buat gua menarik: belajar cara hidup. Semula dari sirkulasi sederhana tentang hidup: Dihidupi – hidup – Menghidupi. Memang bolleh dikata pelajaran paling sulit, tapi inilah yang membuat gua tertarik belajar segala hal.
Mungkin boleh orang bilang gua cukup ceroboh dalam mengambil segala tindakan, apalagi ketika posisi gua dalam me-manage suatu badan organisasi. Tapi dari semua tingkah bodoh yang gua lakukan, gua belajar, gua tahu apa yang harus gua perbaiki dari sini. Gua sebenarnya sadar tentang bahwa hal gua memang belum pantas atau memang belum cocok dalam hal ini. Banyak diantara kawan gua yang lebih pandai bertindak dari gua. Entah apa yang mereka lihat dari gua, sampai gua berpikir bahwa gua sendiri masih bingung untuk tahu apa kelebihan dari diri sendiri. Boleh dibilang gua orang yang agak pesimis, tapi gua lebih tahu apa itu rasanya jadi orang yang optimis.

        “Berfikir itu sederhana, maka berfikirlah apa yang ada disekelilingmu, dan ketahuilah apa itu  mereka!”

     Hal yang  abstrak atau tak kasat mata memang tak akan disangka bahwa itu adalah sesuatu yang dapat dikembangkan menjadi sesuatu yang terlihat dan menjadi berguna. Itulah yang disebut ide, menurut gua. Ide memang susah dicari dan susah didapat di kala mood yang kurang baik. Dan alangkah baik ketika kita bisa menanamkan ide ke kepala orang lain.

        “Iqra’ bismi rabbikalladzii khalaq. Khalaqal insaana min ‘alaq. Iqra’ wa rabbukal akram. Alladzii ‘allama bil qalam. ‘Allamal insaana maa lam ya’lam”

      Bacalah! Bacalah! Bacalah! Hal penting dalam belajar, membaca. Membaca buku, membaca lingkungan, membaca karakter orang lain. Memahami apa yang telah dibaca. Belajar mengerti orang lain. Belajar memberi pemahaman kepada orang lain.

        “Belajar menerima pendapat, saran, kritik orang lain. Kritikan orang akan membuatmu tumbuh lebih dewasa, yang membuatmu bukan hanya sekedar dewasa pada fisik.”

        Terkadang hal tersulit dalam masalah hidup ini adalah memahami perbedaan sifat & karakter orang lain. Mungkin kita nggak bisa merubah karakter mereka, tapi kita bisa mencoba memberi pemahaman & pengertian ke mereka. Sulit bisa dibilang, tapi ada berapa miliyar orang yang bisa sukses di hidup mereka karena bisa keluar dari zona nyaman mereka.

“Hidup Cuma sekali. Pilihanmu adalah menjadi orang yang akan dikenang ataukah menjadi orang yang terabaikan. Belajar memandang hidup diri sendiri dan belajar melihat hidup orang lain.”

“Sifat & karakter hidup yang buruk bisa kita manfaatkan untuk sesuatu yang lebih menarik”

No comments:

Post a Comment